RSUD dr Iskak Terapkan Sistem Pendaftaran SMS Online

RSUD dr Iskak, Jawa TImur. Foto : dok. RSSUD dr Iskak

RSUD dr Iskak, Tulungagung, Jawa Timur menargetkan pelayanan maksimal dua jam untuk setiap pasien yang datang, konsekuensinya, antrean diminimalisir, baik saat mendaftar, di poliklinik serta di layanan-layanan lainnya.

Salah satu upaya yang dilakukan pihak RSUD agar target itu terlaksana adalah pendaftaran pasien rawat jalan melalui layanan sms online yang diharapkan dilakukan sedikitnya 80% pasien.

“Pendaftaran online itu memberi waktu agar kami bisa menyiapkan kebutuhan pasien terlebih dahulu, berkas-berkasnya, terutama rekam medik,” kata Moch Rifai, Kepala Seksi Informasi dan Pemasaran RSUD dr Iskak, belum lama ini.

Saat ini, kata Rifai, pihaknya terus menggenjot jumlah pendaftaran daring itu, salah satunya dengan menyosialisasikan yang menyertakan hadiah undian bagi pasien yang aktif menggunakan fasilitas tersebut. Setiap harinya RSUD dr Iskak melayani 700 pasien rawat jalan per hari.

Program dengan hadiah berupa ponsel, perangkat elektronik, hadiah hiburan, hingga sepeda gunung itu itu direspon baik oleh pasien. Hasilnya, dari semula jumlah pendaftar melalui SMS online hanya 10-15%, kini bertambah hingga 30%.

“Program ini bertujuan mengoptimalkan fasilitas layanan daring tersebut karena akan sangat membantu kinerja administrasi RSUD dan tentunya kualitas layanan yang diberikan.