RSUD DOK II Jayapura Berbenah, Tambah Berbagai Fasilitas Baru

RSUD DOK II Jayapira. SUmber Gambar : harianpapua.com

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) DOK II Jayapura kini resmi memiliki sejumlah fasilitas kesehatan serta pembangunan gedung Instalasi Rawat dan Poliklinik Terpadu.

Fasilitas terbaru RSUD yang siap dioperasikan itu atara lain, Instalasi Diagnostik Invasif serta Intervensi Jantung dan Pembuluh Darah yang dilengkapi Cath Lab atau Katerisasi Jantung dan Angiografi serta Extracorporeal shock wave lithotripsy (ESWL).

Keberadaan fasilitas ini membuat RSUD Jayapura dapat optimal menangani pasien penyakit jantung, sehingga tidak perlu dirujuk ke luar Papua lagi. Alat katerisasi jantung di RSUD ini merupakan yang kedua di Indonesia Timur, setelah sebelumnya dioperasikan di Makassar.

Selain iu, didatangkan juga CT Scan, Laparoskopy, Brankoskopy, Endoskopy, Microskop Mata, Eswi atau alat penghancur batu ginjal serta penambahan mesin hemodialisa atau cuci darah, dari semula empat, menjadi 12.

“Kami terus berupaya menjadikan RSUD DOK II Jayapura ini sebagai RS rujukan terbaik se- wilayah timur Indonesia, dengan meningkatkan tipe, dari B menjadi A,” ujar Gubernur Papua, Lukas Enembe.

Lukas menegaskan, pembangunan kesehatan menjadi fokus utamanya. “Sebab masalah kesehatan berdampak terhadap Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Papua yang rendah. Peralatannya bagus, pelayanannya juga harus baik,” ujar Lukas.