RSPAD Siap Laksanakan Tugas Pemeriksaan Kesehatan Capres-Cawapres

dr. Terawan Agus Putranto. Foto : Kumparan

Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Mayjen TNI dr. Terawan Agus Putranto menyebut ia bersama tim dan perwakilan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) siap melaksanakan pemeriksaan kesehatan capres cawapres Pemilu 2019. Gedung, alat, dan sumber daya manusia (SDM) serta seluruh hal sesuai dengan aturan dan permintaan Komisi Pemilihan Umum telah rampung disiapkan.

“Tim siap, menyiapkan semua atas petunjuk dari Ikatan Dokter Indonesia dan dari KPU,” kata Terawan usai menerima kunjungan KPU di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Selasa (7/8/2018), dikutip dari situs berita kompas.com.

Dirinya juga menjelaskan, pemeriksaan kesehatan pada Pemilu 2019 tak berbeda dari pemilu sebelumnya. Hanya saja, pada pemeriksaan kesehatan kali ini terdapat teknologi baru yang lebih mutakhir. Tujuannya, supaya hasil pemeriksaan kesehatan lebih akurat.

“Zaman kan berubah terus, kalau standar pemeriksaan saya kira sama, cuma alat masa mau pakai yang lima tahun lalu, pasti alat diperbaharui semua supaya akurat,” tuturnya. Ia mengatakan pihaknya berusaha menyediakan tempat pemeriksaan kesehatan yang bersih sehingga capres dan cawapres akan merasa nyaman.

Terawan menambahkan, sebagai tuan rumah dalam urusan pemeriksaan kesehatan capres-cawapres, pihaknya juga telah memberikan upaya yang maksimal. “Dan adapun yang diminta sudah dilihat semua, sudah clear, beliau (komisioner KPU) puas. Kami RSPAD ini unsur pelayan saja, melayani apa yang diminta.”

Sebelumnya, Ketua Komisioner KPU Arief Hidayat beserta Komisioner Ilham Saputra dan Pramono Ubaid berkeliling RSPAD memastikan kesiapan lokasi dan peralatan pemeriksaan kesehatan. Lokasi yang ditinjau antara lain ruang medical check up dan laboratorium. Nantinya, capres dan cawapres diwajibkan melakukan pemeriksaan jasmani dan rohani serta bebas penyalahgunaan narkotika satu hari setelah mendaftat di KPU.