spot_img

RS Waa Banti, Solusi Kesehatan bagi Masyarakat di Desa Banti I, Banti II, dan Opitawak

Pemkab Mimika dan PTFI telah membangun RS Waa Banti sebagai solusi kesehatan bagi masyarakat di Desa Banti I, Banti II, dan Opitawak.

PT Freeport Indonesia (PTFI) bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika, Papua Tengah berkolaborasi dalam memudahkan akses pelayanan kesehatan untuk masyarakat.

Hal tersebut tertuang pada rilis resmi dilansir dari Antara (16/09/23) yang mengemukakan bahwa Rumah Sakit (RS) Waa Banti telah resmi melayani masyarakat. RS tersebut sendiri tergolong sebagai Kelas D.

“Rumah Sakit yang diresmikan ini merupakan hasil kerja sama yang baik antara pemerintah, PTFI dan stakaholders lainnya. Akses kesehatan khususnya pada Distrik Tembagapura kini lebih terbuka,” jelas Eltinus Omaleng, Bupati Mimika.

RS Waa Banti Melayani Warga di Berbagai Desa

Menurut Bupati Mimika Eltinus Omaleng, RS yang baru dibangun ini memiliki peran strategis dalam memberikan pelayanan kesehatan. Akses kesehatan tersebut khususnya dapat dirasakan oleh masyarakat di Desa Banti I, Banti II, Opitawak, dan beberapa kampung di sekitarnya.

Kolaborasi antara Pemkab Mimika dan PTFI dalam mengembangkan rumah sakit ini bukan tanpa alasan. Salah satunya adalah kesadaran akan pentingnya infrastruktur kesehatan yang memadai. Apabila infrastruktur terbangun maka memudahkan pemulihan dan pembangunan di daerah.

Program kesehatan masyarakat juga menjadi salah satu bentuk kontribusi PTFI kepada masyarakat. Misalnya saja mereka memberi dukungan pembersihan lahan lokasi pembangunan RS.

Kemudian kebutuhan transportasi untuk memindahkan material bangunan dan tenaga kerja. Termasuk berbagai persediaan untuk kebutuhan pembangunan RS.

Kebutuhan tersebut mencakup penyediaan material tambahan, air bersih, listrik, 1 unit genset, peralatan konstruksi, dukungan teknis, bahan bakar, dan 1 unit mobil ambulance.

RS ini ke depan akan memberikan pelayanan kesehatan kuratif, yaitu perawatan inap maupun rawat jalan. Terdapat empat jenis pelayanan yang akan dilakukan. Mulai dari farmasi, pelayanan ibu bersalin, poli umum, sampai dengan gawat darurat pada tahap awal. Tenaga medis di RS Waa Banti tersedia mulai dari bidan, dokter anak, sampai dokter bedah

 

Related Articles

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Media Sosial

10,000FansLike
13,700FollowersFollow
BERLANGGANAN NEWSLETTER GRATIS
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Join over 3.000 visitors who are receiving our newsletter and learn how to optimize your blog for search engines, find free traffic, and monetize your website.
We hate spam. Your email address will not be sold or shared with anyone else.

Pilihan Redaksi

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x