Robot-robot Dalam Dunia Kesehatan

Robin. Sumber gambar : bbc.co.uk

Perkembangan teknologi robot semakin berkembang dan merambah berbagai sektor termasuk dunia kesehatan. Mulai dari robot perawat hingga robot yang bisa menjadi caretaker pasien demensia.

Dirangkum MedX dari berbagai sumber, berikut ini robot-robot yang memberikan warna dan sekaligus memberi manfaat bagi dunia kesehatan:

1. Robin, Robot Anak Pendeteksi Diabetes

Robin yang berupakan singkatan dari Robot Infant, merupakan robot yang dilengkapi dengan teknologi kecerdasan buatan sehingga dapat bergerak sendiri, berinteraksi dengan lingkungan sekitar layaknya balita. Ia bisa minta ditemani bermain bila bosan, menari, dipeluk, dan makan kepada orang sekitarnya.

Robot yang dikembangkan oleh Dr Lola Canamero dan Dr Matthew Lewis bekerja sama dengan University of Hertfordshire, Inggris ini dilengkapi dengan kondisi ‘diabetes’. Saat bermain ia akan sesekali menunjukkan gejala dan anak diharapkan dapat mengenali dan mengoreksinya. Robin diharapkan bisa memberi contoh dan secara tak langsung membuat anak dengan diabetes sadar akan penyakitnya.