Platform Pemantau Nutrisi Dengan AI Dari Medtronic dan Nutrino

Drugdeliverybusiness.com

Medtronic mengumumkan kemitraan jangka panjangnya dengan Nutrino, sebuah platform personalisasi nutrisi bertenaga kecerdasan buatan (AI).

Sesuai perjanjian Medtronic akan mengintegrasikan database terpesonalisasi dan database makanan bertenaga AI milik Nutrino. Akuisisi ini bertujuan untuk mendorong pelayanan Medtronic bagi para penderita diabetes dan mengintegrasikan algoritma respon glikemik prediktif Nutrino kedalam sistem CGM Medtronic.

“Menggabungkan keahlian nutrisi Nutrino kepada perusahaan kami akan memberi kami pembeda substansial dalam industri diabetes dan mempercepat kemajuan kami dalam menolong para penderita diabetes hidup lebih bebas dengan kesehatan yang lebih baik.” Ujar Hooman Hakami, wakil presiden eksekutif dan presiden dari Diabetes Group perusahaan Medtronic.

“Tim Nutrino sudah menjadi partner yang luar biasa beberapa tahun belakangan ini. Kami sangat bangga menyambut mereka di tim kami, dan saya yakin, bersama mereka, kami akan memberikan dampak besar kepada kualitas hidup penderita diabetes.” Tambahnya.

Kedua korporasi tersebut memang sudah lama bekerjasama. Juni kemarin mereka juga sudah mengintegrasikan teknologi pemantau dampak makanan (foodprint), yang membantu pengguna memantau reaksi tubuh pada makanan yang berbeda dan koneksi antara makanan dengan variable glukosanya, kedalam aplikasi iPro2 myLog milik Medtronic.

Kemitraan pertama mereka pada 2016 lalu saat menyatukan pengguna aplikasi Nutrino dan sistem MiniMed Connect Medtronic dengan cara menghubungkan CGM dan pompa insulin mereka ke smartphone dan mengumpulkan datanya dari perangkat Medtronic ke aplikasi Nutrino untuk kemudia dianalisis lagi dengan data makanan mereka. Persetujuan ini paling lambat diselesaikan Januari 2019 mendatang.

Manfaat Teknologi

Para ahli menyatakan kebiasaan makan sehat penting manfaatnya untuk menangkal diabetes. Pasien seringkali harus mengatur asupan makanan, kalori, dan karbohidrat. Perkembangan terkini menunjukkan Medtronic melalui Nutrino mampu membantu pengguna dengan algoritma respon glikemik berbasis AI, yang akan memprediksi reaksi tubuh kepada makanan yang berbeda. Medtronic juga akan mengintegrasikan teknologi FoodPrint Nutrino, yang akan membantu penderita diabetes memahami tubuh mereka dan korelasinya dengan makanan yang dikonsumsi.

Trend Terkini

CEO Medtronic Omar Ishrak 2015 lalu menyatakan perusahaan akan berfokus pada akuisisi yang lebih kecil, sambal tetap memperhatikan pertumbuhan industri diabetes. Akuisisi tersebut termasuk Corventis, perusahaan pemantau jantung canggih, dan Diabeter, pusat riset klinis khusus diabetes dari Belanda.

Sedangkan pesaing Medtronic Dexcom belum lama ini mengakuisisi TypeZero, pemilik teknologi yang terkenal keahliannya dalam algortima pengatur insulin, Agustus lalu.

Ini juga bukan kali pertama Medtronic mengandalkan aplikasi berbasis AI untuk membantu memberikan panduan nutrisional kepada penderita diabetes. Sugar.IQ, proyek kemitraan dengan IBM Watson, juga berperan sama pentingnya.

Catatan Khusus

“Tim Nutrino sangat tertarik dalam pelayanan personalisasi data nutrisi dan teknologinya. Karya kami dalam bidang diabetes adalah membantu kebutuhan masyarakat akan perangkat dan panduan yang memadai.” Jelas Yael Glassman, CEO Nutrino Health. “Kami siap berfokus sepenuhnya pada korelasi nutrisi dan diabetes untuk membantu lebih banyak pengguna mengatur kondisinya dengan lebih baik.”