Pemindai X-Ray Portabel Terbaru Bertenaga Baterai

Medgadget

Turner Imaging Systems mengumumkan perangkat X-ray terbarunya Smart-C, yang berupa C-arm kecil terbaru yang didesain untuk mencitrakan penanganan di tempat (point-of-care) ekstrim. Perangkat ini bisa digunakan didalam kantor, ruang pembedahan, bahkan di lapangan tempat peristiwa bencana.

Smart-C hanya berbobot 16 pounds (7 Kg) dan bisa dengan mudah dijinjing oleh satu orang. Karena bertenaga baterai, maka tidak memerlukan sumber listrik untuk mengoperasikan. Displaynya disajikan pada tablet wireless terpisah. Perangkat ini berpotensi menjadi mesin X-ray lapangan pertama yang diciptakan, mengingat kebutuhannya yang mendesak.

“Smart-C akan merevolusi tempat dan cara dokter menggunakan X-ray.” Ujar D. Clark Turner, Ph.D., pendiri dan CEO Turner Imaging Systems.

“Kami bercita-cita Smart-C akan bermanfaat khususnya bagi para relawan bantuan kemanusiaan, termasuk pada penerapan Doctors Without Borders. Aplikasi khusus lainnya akan termasuk pencitraan dalam pengobatan olahraga, termasuk di lapangan atau ruang ganti, pasien pembedahan ortopedik dalam ruangan, penanganan di medan militer, injeksi ekstrim untuk pereda rasa sakit, unit radiologi mobile di daerah pedesaan, ruang IGD dan lainnya.”

Sistem ini masih membutuhkan pengesahan oleh FDA, namun Turner Imaging memastikan akan segera mengusahakannya dalam waktu dekat.