Pasca Bencana Gempa, Kebutuhan Tenaga Medis dan Alkes

Foto : Kompas

Pasca bencana gempa bencana gempa bumi berkekuatan 6,4 SR di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), membuat kebutuhan akan tenaga Kesehatan dan Peralatan medis menjadi sangat mendesak di sana.

Kepala BPBD NTB HM Rum menjelaskan bahwa beberapa upaya yang dilakukan dalam penanganan bencana gempa bumi yakni dengan berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Lombok Timur, BPBD Lombok Tengah dan BPBD Lombok Barat. sementara BPBD Provinsi NTB memback up berupa peralatan dan kebutuhan logistik yang diperlukan.

“Berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Lombok Timur sebagai daerah yang mengalami dampak paling parah. Selain itu memonitor dampak dan langkah penanganan bencana gempa bumi dengan nengirim Tim Kaji Cepat untuk memperkuat Posko Penanganan bencana gempa Kabupaten Lombok Timur dan Kabupaten Lombok Utara dalam upaya proses penanganan korban luka-luka dan meninggal dunia,” ujarnya seperti dilansir RRI, Minggu (29/7).

Dirinya menambahkan, pihaknya juga sudah melakukan assessment dampak kerusakan dan kerugian yang diakibatkan oleh gempa. Melakukan mobilisasi peralatan dan menyalurkan logistik tehadap wilayah terdampak.

“kami sudah distribusi Mie Instan 275 Dos di 75 wilayah Lombok Timur dan 200 di daerah Bayan. Air mineral 275 Dos dan memanh tenaga Medis, Tandu dan peralatan Kesehatan sangat mendesak untuk saat ini,” kata Rum.