Omron Kucurkan Investasi Untuk Teknologi Elektrokardiogram

AliveCor Kardia Mobile, Sumber Gambar : businessinsider.com

Omron Healthcare tengah melakukan proses investasi strategis sebesar USD 25 juta kepada AliveCor Kardia Mobile, aplikasi dan perangkat yang dapat memungkinkan penggunanya untuk merekam dan memantau electrokardiogram melalui smartphone.

Elektrokardiogram atau biasa disingkat EKG adalah pemeriksaan kesehatan terhadap aktivitas elektrik (listrik)  jantung. Aktivitas pemeriksaan ini akan menghasilkan gelombang (wave) atau grafik jejak garis naik dan turun. Proses perekaman aktivitas listrik jantung dalam bentuk grafik disebut elektrokardiografi.

Investasi ini akan membuat perusahaan asal jepang ini mendapatkan seperempat dari total saham serta berhak menggunakan teknologi AliveCor untuk keperluan pengembangan produk barunya. Dari sisi AliveCor, investasi strategis ini membuat meraka dapat memanfaatkan jejaring yang dimiliki Omron untuk memperluas aktivitas pemasaran produk di wilayah Eropa dan Asia.

Kabarnya, akhir bulan Maret ini, AliveCor akan meluncurkan platform layanan “Kardia Pro” yang dapat menghubungkan anatara pengguna dengan ahli jantung. Para dokter ahli ini nantinya dapat memantau data EKG pengguna atau pasiennya dari jarak jauh sehingga dapat segera melakukan diagnosis dan pengobatan.

Kedua perusahaan ini percaya bahwa kemitraan strategis ini akan membantu mereka dalam melakukan penelitian terkait kemampuan analisis EKG yang akan sangat berguna dalam pengobatan dan pencegahan serebrovaskular atau kardiovaskular.