Seminar Dan Rakernas Muhammadiyah Bahas Masalah Kesehatan Bangsa

Para Peserta Seminar dan Rakernas. Turut Hadi Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo. Foto : dok. MedX

Pimpinan Pusat Muhammadiyah melalui Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) menyelenggarakan Seminar dan Rapat Kerja (Rakernas) di Hotel Santika Premiere Gubeng Surabaya, Rabu (7/3/2018).

Perhelatan tersebut mengusung tema “Muhammadiyah Membangun Kesehatan bangsa”.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir dalam kesempatan tersebut menyatakan bahwa kegiatan ini diselenggarakan guna membahas sinergi strategis antara Muhammadiyah dan Pemerintah dalam bidang Kesehatan, Kemitraan denga BPJS di era JKN serta implikasinya pada pelayanan kesehatan Rumah Sakit dan Klinik Muhammadiyah.

Tak hanya itu, pengembangan gerakan 1.000 klinik kesehatan dan revitalisasi kembali spirit ideologi dakwah Muhammadiyah di Bidang kesehatan menjadi bagian dalam perhelatan ini.

Haedar juga berharap MPKU melalui Rakernas kali ini dapat mempertajam basis nilai berbagi kepada duafa, membangun etos kerja yang berbasis pemberdayaan dan memposisikan dengan partisipasi aktif.

Sementara itu, Gubernur Jatim Dr. H. Soekarwo dalam kesempatan tersebut mengungkapkan apresiasinya kepada Ormas Muhammadiyah, karena telah ikut berperan aktif dalam menangani kesehatan dan pendidikan di Jatim. Bahkan Muhammadiyah telah memiliki 30 rumah sakit yang dapat melayani masyarakat di Jatim.

“Sumbangannya banyak sekali dari Muhammadiyah. Ada 30 rumah sakit di Jatim. Apalagi timnya turun untuk menjelaskan kepada masyarakat pola hidup sehat,” tuturnya

Dalam Seminar dan Rakernas ini turut hadir Gubernur Jatim Dr. H. Soekarwo, Menteri Kesehatan RI tahun 1998 – 2002 Achmad Sujudi, Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Indonesia H Hasbullah Thabrany, Sesditjen Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI Agus Rohim, serta Sejarawan dan Guru Besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, H Abdul Munir Mulkhan.