Meski Tak Punya BPJS, Warga Gorontalo Tetap Bisa Berobat Gratis

SONY DSC

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo menyatakan akan tetap menanggung biaya rumah sakit bagi warga kurang mampu, meski belum memiliki kartu jaminan sosial kesehatan.

“Jangan takut untuk berobat meski belum punya BPJS atau Jamkesta, silahkan laporkan dan pemerintah yang akan menanggungnya,” kata Gubernur Gorontalo Rusli Habibie.

Ia memastikan jaminan pelayanan kesehatan gratis ini meliputi semua rumah sakit, untuk operasi, melahirkan dan tindakan medis lainnya.

“Pemerintah siapkan anggaran tanpa ada tanggungan kepada pasien itu sendiri,” imbuhnya.

Di sektor kesehatan, pemprov Gorontalo mengucurkan bantuan pengembangan Rumah Sakit Otanaha yang berada di Kecamatan Kota Barat Kota Gorontalo, untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Pada periode sebelumnya (2012-2017) Rusli Habibie dan Wakilnya Idris Rahim telah memasukkan program kesehatan gratis, dalam empat program unggulan pemerintah dan pada periode ini tetap berlanjut.

Selain sektor kesehatan masih ada program lainya yaitu pendidikan gratis, ekonomi kerakyatan, pembangunan infrastruktur, agama-budaya, pariwisata mendunia, dan pemerintahan yang melayani dan lingkungan.