Di balik potensi yang besar terdapat tantangan yang harus diatasi oleh para pelaku HealthTech di Asia Tenggara. Salah satunya lanskap regulasi yang kompleks dan berbeda-beda. Di sisi lain terbuka potensi yang cerah untuk mengubah cara pelayanan kesehatan di kawasan ini.
Dalam beberapa tahun terakhir, Asia Tenggara telah menyaksikan gelombang inovasi yang mengubah bentuk lanskap kesehatan. Kemajuan teknologi yang pesat, ditambah dengan infrastruktur digital yang berkembang di kawasan ini, telah membuka jalan bagi pertumbuhan sektor HealthTech. Hingga kemudian merevolusi cara akses, penyampaian, dan tata kelola pelayanan kesehatan.
Dengan populasi lebih dari 650 juta jiwa, Asia Tenggara memiliki berbagai tantangan kesehatan yang beragam. Terdapat beberapa hambatan yang umum ditemui. Misalnya masih banyak yang kesulitan mengakses fasilitas kesehatan berkualitas. Ada pula kekurangan tenaga kesehatan profesional di daerah terpencil, dan peningkatan penyakit kronis.
Kehadiran HealthTech di Asia Tenggara merupakan jawaban yang menjanjikan untuk tantangan-tantangan ini. Dengan penggunaan teknologi, diharapkan mampu menjembatani kesenjangan dan mengubah cara layanan kesehatan yang diterima oleh masyarakat di kawasan.
Bagaimana Mengatasi Hambatan Pengembangan Healthtech di Asia Tenggara
Agar potensi yang ada mampu mengalahkan hambatan langkah inovasi HealthTech di Asia Tenggara, dibutuhkan beberapa hal. Salah satu yang paling penting yaitu agar pemangku kepentingan duduk bersama. Hal ini perlu agar mampu memahami dampaknya yang besar bagi kesehatan dan kesejahteraan individu di kawasan ini.
HealthTech dapat membantu mengatasi tantangan kesehatan bagi warga di Asia Tenggara. Seperti konsultasi virtual, pemantauan jarak jauh, dan alat-alat pengelolaan diri. Apabila ini terwujud maka akan membuat pelayanan dan teknologi kesehatan lebih mudah diraih dan terjangkau.
Di acara Echelon Asia Summit, Peter X Nguyen selaku CEO dan Co-Founder Buymed bersama Chairman dan Co-Founder thuocsi.vn, Jingjing Zhong akan menjadi pembicara. Terutama terkait dengan pengembangan platform HealthTech untuk Vietnam dan Asia Tenggara.
Platform ini bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan berkualitas dan mudah dijangkau dengan menggunakan teknologi inovatif. Target konsumennya adalah para profesional, pasien, dan semua pihak terkait lainnya. Visi perusahaannya yaitu, “Kami menciptakan ekosistem kesehatan yang belum pernah ada sebelumnya.”
Saat ini Buymed masih memfokuskan diri di industri farmasi Vietnam. Ke depan, mereka akan memperluas cakupan kerjasama mereka antara produsen, pemasuk, sampai farmasi untuk menyediakan layanan kesehatan primer lainnya.