Mengenal Lebih Jauh Tentang Stetoskop

Stetoskop. Gambar : wikipedia.org

Anda semua pastilah mengetahui stetoskop atau stethoscope dalam bahasa Inggris. Minimal pernah melihat walaupun tidak tahu namanya. Ya, sebuah alat yang digunakan oleh dokter atau profesional medis lainnya untuk memeriksa tubuh Anda dengan cara mendengarkan bagaimana organ dalam tubuh Anda bekerja.

Menurut Wikipedia, stetoskop pertama kali ditemukan di Perancis pada 1816 oleh René-Théophile-Hyacinthe Laennec. Awal mulanya itu hanyalah perangkat sederhana yang terdiri dari tabung kayu kosong. Konon dia menciptakan stetoskop sehingga ia tidak perlu menaruh telinganya di buah dada wanita Perancis. Tidak jelas apakah Laennec mencoba menghindarinya, atau untuk menghindari rasa malu pasien. Namun begitu, orang mengatakan bahwa “Kebutuhan adalah ibu dari penemuan”.

Saat ini terdapat dua jenis stetoskop yaitu akustik dan elektronik. Stetoskop akustik yang paling umum digunakan, dan beroperasi dengan menyalurkan suara dari bagian dada, melalui tabung kosong berisi-udara, ke telinga pendengar. Bagian chestpiece biasanya terdiri dari dua sisi yang dapat diletakaan di badan pasien untuk memperjelas suara yaitu sebuah diaphgram atau bell. Bila diaphgram diletakkan di pasien, suara tubuh menggetarkan diaphgram, menciptakan tekanan gelombang akustik yang berjalan sampai ke telinga pendengar.

Bila bell diletakkan di tubuh pasien getaraan kulit secara langsung akan memproduksi gelombang tekanan akustik yang berjalan ke telinga pendengar. Bell menyalurkan suara frekuensi rendah, sedangkan diaphgram menyalurkan frekuensi suara yang lebih tinggi. Stetoskop dua sisi ini diciptakan oleh Rappaport dan Sprague pada awal abad ke-20. Permasalahan dengan akustik stetoskop adalah tingkatan suara sangat rendah, membuat diagnosis sulit.

Stetoskop elektronik mengatasi tingkatan suara yang rendah dengan cara memperkuat suara tubuh. Sekarang ini, telah ada beberapa perusahaan menawarkan stetoskop elektronik, dan mungkin dalam beberapa tahun lagi, stetoskop elektronik akan menjadi lebih umum dari stetoskop akustik.