Lima RSUD Raih Nilai Sangat Baik Untuk Predikat Pelayanan Publik

RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Kota Pontianak, salah satu yang menerima penghargaan dari pemerintah RI. Sumber gambar : bappeda.pontianakkota.go.id

Pemerintah RI melalui Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PANRB) memberikan penghargaan kepada lima Rumah Sakit Umum Daerah(RSUD) atas prestasinya yang dinilai telah memberikan pelayanan publik dengan predikat sangat baik.

Lima RSUD tersebut adalah RSUD Aji Muhammad Parikesit Kutai Kartanegara, RSUD KRMT Wongsonegoro Kota Semarang, RSUD Kota Yogyakarta, RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Kota Pontianak, dan RSUD Palembang Bari Kota Palembang.

Penobatan tersebut dilakukan langsung oleh Menteri PANRB Asman Abnur di Ruang Serbaguna, Kemen PANRB, Jakarta. “Pemberian penghargaan ini bertujuan mengapresiasi kepala daerah dan unit penyelenggara pelayanan publik yang memiliki komitmen tinggi meningkatkan kualitas pelayanan publik. Juga untuk memotivasi daerah lain, khususnya dari 59 Kabupaten dan Kota Role Model yang belum mendapatkan kategori sangat baik,” kata Asman, seperti MedX kutip dari website PdPersi.

“Monitoring, evaluasi, serta pemberian penghargaan ini dilaksanakan berdasarkan amanah Undang-Undang No 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Penilaian dilakukan sejak 2015 pada 59 Kabupaten/Kota, berfokus selain pada RSUD, juga pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), serta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dinas Dukcapil),” lanjut Asman.

Sedangkan alasan dipilihnya 59 kabupaten/kota tersebut dilakukan dengan mempertimbangkan posisinya sebagai ibu kota provinsi, kawasan industri serta daerah yang memiliki bandar udara/pelabuhan laut.