Kursi Roda Terbaru Dengan Kecerdasan Buatan Pendeteksi Gestur Wajah

Pengoperasian kursi roda terkini baru berupa penggunaan joystick dan tabung tiup, namun kini kemitraan HOOBOX Robotics dari Brazil dan Intel, produsen chip raksasa, mengembangkan kursi roda yang dikendalikan hanya dengan pergerakan gestur wajah.

Perangkat bernama The Wheelie, dilengkapi kamera yang terus menerus memantau wajah pengguna dan saat terjadi pergerakan wajah, seperti senyuman atau kerutan alis mata, maka kursi roda akan terpicu oleh perubahan tersebut. Untuk menangkal beberapa masalah, seperti gestur yang tidak disengaja, kursi roda ini menggunakan teknologi kecerdasan buatan untuk memisahkan senyum dan perbedaan gestur lain yang pengguna hasilkan selama periode kesadaran mereka.

Software yang digunakan membantu pengguna mengatur sendiri gestur mana yang memicu tindakan tertentu dan tidak diperlukan pelatihan khusus untuk mengoperasikannya. Terdapat juga sejumlah gestur yang dapat digunakan untuk menghentikan perangkat agar tidak melanjutkan pengenalan gestur, sehingga memastikan pengguna kursi roda ini tidak akan bergerak sendiri ketika sedang berbincang santai saat digunakan.