Klub Bola Ini Bisa Diagnosa Cedera Pemainnya Langsung Di Atas Lapangan

Ilustrasi. (Foto: Telegraph)

Klub sepab bola asal Belanda, PSV Eindhoven sekarang dapat melakukan diagnosis langsung di atas lapangan jika ada pemainnya yang mengalami cedera. Hal tersebut dilakukan berkat bantuan alat ultrasound portabel Philips Lumify.

“Dalam beberapa tahun terakhir, kami telah melihat penggunaan ultrasound berkembang ke berbagai area klinis baru, termasuk olahraga,” kata Randy Hamlin, salah satu pimpinan Royal Philips.

Dirinya juga menyebutkan bahwa Philips Lumify mampu memudahkan perawatan di berbagai lokasi, baik klinik, lapangan olah raga atau ruang ganti. Menggunakan ultrasound konvensional untuk memeriksa dan mendiagnosis kondisi seseorang dapat memakan waktu berjam-jam karena faktor-faktor seperti transportasi ke fasilitas dan konsultasi dengan dokter. Hal ini menciptakan kecemasan pada pasien dan dapat menunda rencana pengobatan. “Lumify menghadirkan penyedia layanan kesehatan di dalam dan di luar area rumah sakit,” lanjut Hamlin.

Lumify terdiri dari hand-held transducers dengan sistem pemrosesan ultrasound yang terpasang di dalamnya. Perangkat tersebut dapat terhubung dengna gadget dimana aplikasi khusus telah diunduh dan dipasang.

Hamlin mengklaim bahwa perangkat ini kemungkinan akan menjadi alat yang populer untuk menilai kebutuhan medis di banyak lingkungan.

“Lumify telah terbukti menjadi alat yang sangat berharga bagi klub olahraga profesional dan atletik pemuda. Karena ultra-portabilitas, fleksibilitas, pencitraan berkualitas tinggi, dan harga terjangkau, kami melihat perangkat ini digunakan lebih luas dalam berbagai sektor,” katanya.

Saat ini Lumify sudah dipasarkan di Amerika Utara, Prancis, Polandia, Jerman, Swiss, Austria, Norwegia, Finlandia, Swedia, Islandia, Belanda, Belgia, Italia, Singapura dan Thailand.