Kini Penumpang Bisa Beli Alkes di Bandara Soekarno-Hatta

Gambar: wowkeren.com

Untuk mendukung kesehatan dan keselamatn penumpang selama masa pandemi ini, PT Angkasa Pura II (Persero) kini menyediakan tenant atau spot penyedia alat perlengkapan kesehatan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mejelaskan bahwa tenant pertama yang disiapkan akan berbentuk vending machine. Nantinya, vending machine ini bakal memasarkan alat perlindungan diri atau APD.

Kemudian, layanan kedua adalah digital wayfinding alias mesin peta digital di terminal penumpang. Mesin yang pada awalnya akan disediakan 21 unit ini dapat difungsikan sebagai media e-commerce untuk pemesanan APD dan obat-obatan.

Secara berproses, digital wayfinding akan ditingkatkan kemampuannya. Awaluddin menjelaskan, saat ini perseroan masih menggelar pembicaraan dengan penyedia fasilitas kesehatan atau farmasi untuk peningkatan layanan tersebut.

Kemudian, layanan ketiga adalah health center yang merupakan tempat bagi calon penumpang pesawat untuk melakukan rapid test atau PCR test. Di tempat ini, penumpang pun dapat memperoleh layanan medical check up dan berbelanja produk farmasi.

“Pada prinsipnya kami ingin agar alat pelindung diri seperti masker, hand sanitizer, face shield, sampai dengan obat kumur antiseptik dapat dengan mudah didapat di bandara-bandara Angkasa Pura II,” jelas Awaluddin.

Untuk diketahui, program ini adalah hasil kolaborasi antara Angkasa Pura II, maskapai, Kantor Kesehatan Pelabuhan, dan Kementerian Kesehatan. Ketiga layanan ini akan diluncurkan dalam waktu dekat di Bandara Soekarno – Hatta, kemudian menyusul di bandara lainnya.