Kecil Tapi Berguna, Inilah Fungsi Hemoglobin Meter

Dalam dunia medis, saat ini sudah banyak menerapkan teknologi canggih yang bisa mempermudah proses pengobatan. Salah satu contohnya adalah dengan hadirnya HB Meter atau sering juga disebut Hemoglobin Meter. Sebelum membahas tentang alat ini, apakah Anda tahu mengenai apa itu Hemoglobin itu?

Hemoglobin adalah protein yang mengandung zat besi di dalam sel darah merah. Biasa ditemukan pada hewan sejenis mamalia, Hemoglobin berfungsi untuk membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Selain oksigen, Hemoglobin juga mengangkut karbon dioksida menuju paru-paru.

Hemoglobin Meter sendiri adalah sebuah mesin otomatis yang digunakan untuk mengukur kadar Hemoglobin pada tubuh. Selain Hemoglobin, alat ini juga bisa digunakan untuk mengukur beberapa komponen darah lain. Dalam prosesnya, HB Meter akan memcah Hemoglobin menjadi sebuahh larutan yang nantinya akan dipisahkan dengan zat lain menggunakan zat sianida.

Lalu dengan menggunakan proses penyinaran khusus, kadar Hemoglobin akan diukur berdasarkan nilai sinar yang telah berhasil diserap oleh Hemoglobin. Istilah Hematologi Autoanalyzer adalah proses pemeriksaan darah menggunakan fungsi yang telah terkomputerisasi yang mencakup Darah Rutin (Hemoglobin, Leukosit, Hematokrit, dan Trombosit), DIFF COUNT (Eosinofil, Basofil, Netrofil Batang, Netrofil Segmen, Limfosit dan Monosit), MCV, MCH, MCHC dan Eritreosit.