Ethicon Luncurkan ENSEAL X1, Alat Bedah Berteknologi Tinggi

Ethicon Endo-Surgery Inc, anak perusahaan Johnson & Johnson dikabarkan remi meluncurkan produk terbarunya yaitu ENSEAL X1 Large Jaw Tissue Sealer, alat bedah berteknologi canggih yang dapat mempermudah para dokter ahli saat melakukan aktivitas operasi.

“ENSEAL X1 adalah contoh terbaru bagaimana Ethicon meamanfaatkan teknologi untuk memberikan kemudahan dan bantuan kepada ahli bedah selama prosedur operasi dalam upaya untuk meningkatkan keberhasilan bagi pasien,” kata chairman Michael del Prado.

Menurut James Kondrup, seorang dokter bedah dari Lourdes Hospital, New York, Amerika Serikat, ENSEAL X1 sangat ergonomis dan membuat dokter yang memakainya tidak perlu repot untuk menggerakkan tangannya terus – menerus. Pun alat ini mampu untuk meminimalisir darah yang keluar dari tubuh pasien saat proses pembedahan.

Namun begitu peluncuran produk ini bukan tanpa masalah. Produsen alat kesehatan Medtronic mengklaim ENSEAL X1 melanggar hak paten produk LigaSure Impact milik mereka dan dikabarkan tengah mengajukan gugatan hukum, kendati Ethicon menolak keras tuduhan tersebut dan menyatakan siap menghadapinya di pengadilan.