Indonesia-Singapura Akan Tingkatkan Kerja Sama Bidang Kesehatan

Di sela-sela Pertemuan Menteri-Menteri Kesehatan Negara Anggota G-20 di Berlin, Menteri Kesehatan Indonesia Nila F Moeloek dengan Menteri Kesehatan Singapura Gan Kim Yong melakukan pertemuan bilateral untuk membahas peningkatan kerja sama antarkedua negara di bidang kesehatan. Kerja sama tersebut meliputi program pertukaran tenaga ahli kesehatan hingga berbagi sistem pengelolaan pelayanan kesehatan.

Menteri Kesehatan Singapura Gan Kim Yong mengatakan bahwa Singapura mendukung upaya peningkatan kesehatan pelayanan sistem kesehatan dasar serta sistem pelayanan kesehatan rujukan, termasuk peningkatan kapasitas sumber daya manusia yang telah tersedia di Indonesia.

Kim menegaskan bahwa Singapura bersedia berbagi pengalaman dalam pengelolaan manajemen rumah sakit (Esther system) dan pengelolaan kesehatan masyarakat melalui “community nursing” serta keseimbangan pelayanan kesehatan dan sosial.

Selanjutnya kedua Menteri Kesehatan akan menugaskan para pejabatnya untuk membahas rancangan Memorandum Saling Pengertian kerja sama kesehatan kedua negara.

Saat ini Indonesia telah memperkuat sistem kesehatan nasional menuju Indonesia Sehat melalui tiga pilar yaitu Paradigma Sehat, Pelayanan Kesehatan dan Jaminan Kesehatan Nasional serta dicapai melalui program Standar Pelayanan Minimum, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan Pendekatan Keluarga.