Indonesia Berhasil Kembangkan Tulang Implan

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Muhammad Nasir (tengah) meninjau produksi prototipe implan tulang SS316L. Sumber gambar : Antara

Kabar baik untuk dunia kesehatan dalam negeri. Pemerintah Indonesia berhasil mengembangkan produk tulang implan jenis stainless steel 316L (SS316L) dan saat ini tengah menanti proses izin edar, sertifikasi produksi dan memperoleh e-catalog.

Proyek riset dan pengembangan ini dilakukan oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melalui Pusat Teknologi Material bekerja sama dengan PT Zenith Allmart Precisindo dan RSU Dr Soetomo dengan menggunakan bahan baku hasil industri smelter dalam negeri.

Pengembangan teknologi produksi prototipe implan tulang SS316L ini menggunakan teknologi investment casting, yang mampu menghasilkan tulang implan dalam jumlah banyak secara lebih cepat.

Jenis teknologi mass production seperti ini mampu menekan harga produk menjadi lebih rendah, perhitungan awal diperkirakan bisa mencapai lebih harga lebih dari 70% produk impor. Terdapat kode identifikasi di tiap keping nanti yang mampu ditelusuri tanggal dan bagaimana proses produksinya.

Keunggulan lainnya juga terdapat sistem informasi cloud untuk keperluan analisis guna mengetahui jumlah disitribusi dan berapa yang sudah terpasang di tubuh manusia.  Estimasi tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) prototipe implan ini sendiri sekitar 70-80%. Dengan semua keunggulan tersebut diharapkan dapat mengurangi ketergantungan impor

“Hasil riset BPPT ini mendukung kebutuhan negara untuk kesehatan. Membantu meringankan pembiayaan BPJS Kesehatan juga,” kata Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir meninjau proyek di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Senin, (20/2/2017) seperti dilansir dari Antara.

Nasir melanjutkan, dengan adanya produksi tulang implan oleh industri lokal akan membawa konsekuensi harga produk medis ini menjadi lebih hemat. Dampaknya, BPJS Kesehatan tidak menanggung beban besar dalam menyediakan dana untuk penerima manfaat santunan kesehatan.