Startup Asal Kanada Ciptakan Software Pendeteksi Alzheimer

3D Signatures, startup yang berbasis di Manitoba, Kanada tengah mengembangkan TeloView System, sebuah software yang dapat menganalisa pola telomere dalam sel untuk mendiagnosa penyakit khususnya Alzheimer.

Telomere atau telomer sendiri adalah bagian paling ujung dari DNA linear. Meskipun termasuk dalam untai DNA, telomer tidak mengkode protein apa pun, sehingga ia tidak termasuk dalam kategori gen. Telomer berperan penting dalam menjaga kestabilan genom tiap sel. Dengan adanya telomer, penggandaan DNA yang berlangsung sebelum pembelahan sel dapat dilakukan secara tuntas.

Startup yang fokus pada produk medical technology tersebut baru-baru ini mengumumkan hasil studi klinis dan mengklaim bahwa perangkat lunak yang mereka kembangkan mampu mengidentifikasi penyakit Alzheimer serta memprediksinya, apakah penyakit itu ringan, sedang, atau berat. Proses identifikasi tersebut berdasarkan pada analisis sampel DNA yang diambil dari pipi pasien.

Penelitian ini melibatkan pengambilan sampel DNA pipi dari 44 sukarelawan sehat dan 44 pasien dengan penyakit Alzheimer. Teknologi ini bisa membedakan antara sampel yang sehat dan yang terindikasi mengidap Alzheimer, juga mampu mengklasifikasikan tingkat keparahan penyakit dari penderita.

Pengembangan software ini begitu penting bagi dunia medis, karena saat ini penyakit Alzheimer sangat sulit untuk didiagnosa.

Co-founder 3D Signatures, Dr Sabine Mai, menyatakan “metode diagnostik saat ini tidaklah spesifik. Selain itu, penyakit Alzheimer hanya dikonfirmasi sebagai postmortem patologis. Ada kebutuhan yang lebih signifikan dan akurat

“Kami percaya TeloView memiliki potensi untuk menjawab kebutuhan yang penting ini,” tutupnya.