Gelang Pasien Buatan Lokal Ini Mampu Raih Sertifikasi FDA

General Manajer PT Medisware Sinergi Indonesia, Rivian Ramadhian, menunjukkan gelang pasien bersertifikasi FDA. Sumber gambar : metrotvnews.com

Gelang khusus untuk pasien besutan PT Medisware Sinergi Indonesia ini ditenggarai sebagai salah satu alat kesehatan yang sukses mendapatkan sertifikasi dari FDA atau balai besar pengawas obat dan makanan dari Amerika Serikat (BPOM-nya Amerika).

Menurut Rivian Ramadhian selaku general Manager, gelang pasien adalah produk yang harus dibuat menggunakan teknologi tinggi dan bahan berkualitas. Kegunaan gelang ini sangat penting dan berisiko tinggi karena berkaitan langsung dengan penanganan pasien sehingga harus diperhatikan kualitas bahan dasarnya.

Sedangkan gelang yang bernama FTGO ini, kata dia, berbahan nano-silikon lembut sehingga nyaman pada kulit, mudah di-scan yang keakuratannya bertahan hingga 60 hari.

“Nano silikon ini porinya lebih kecil dari virus, sehingga virus yang yang menempel tidak bisa masuk dan tidak menularkan ke pasien. Gelangnya juga memiliki ketahanan terhadap air, alkohol, sabun, darah dan lainnya,” tegasnya.

Meski baru diluncurkan, lanjut dia, namun sejumlah pihak di Jakarta telah melakukan uji coba dan diyakini akan menggunakan gelang identitas FTGO ke depannya.