Gelang Ini Dapat Membantu Orangtua Menentukan Kapan Anaknya Harus Diimunisasi

Di beberapa negara-negara berkembang, imunisasi untuk anak-anak sering dilupakan sehingga menyebabkan berkembangnya masalah yang lebih besar misalnya tersebarnya penyakit berbahaya, menular dan sebagainya. Di negara-negara yang lebih maju, orang tua menerima pesan pengingat secara rutin melalui berbagai media untuk membantu mereka secara teratur membawa anak-anak mereka ke pihak medis terkait untuk diimunisasi.

Timestrip, perusahaan startup medical technology asal Cambridge, Inggris mengembangkan sebuah alat bernama The Vaccine Indicator Reminder (VIR). Perangkat berbentuk gelang ini memiliki timer preset sederhana di bagian depannya yang menunjukkan berapa banyak waktu yang tersisa sebelum imunisasi berikutnya jatuh tempo. Timer preset ini dapat diaktifkan hanya dengan cara ditekan dengan jari.

Saat ini ada tiga jenis gelang yang sudah diproduksi, masing-masing berwarna berbeda dan menampilkan panjang timer preset yang berbeda, memungkinkan klinik memilih mana yang harus dikenakan pada anak tergantung kapan imunisasi berikutnya harus dilakukan. Orang tua hanya perlu sekali menekan perangkat untuk menerima pembaruan yang akurat, membantu mereka menjadwalkan kunjungan ke klinik.