GE Healthcare Kembangkan Teknologi Print 3D Organ Termutakhir

GE healthcare tengah mengambangkan teknolgi 3D print yang dapat dilakukan dengan sekali klik tombol saja. Sumber gambar : GE Reports/GE Healthcare

GE Healthcare dikabarkan tengah mengembangkan teknologi 3D printing khusus untuk organ dalam tubuh manusia. Hasil pengembangan ini diharapkan dapat memudahkan dokter dan ahli bedah untuk meninjau kondisi pasien sebelum melakukan proses pengambilan tindakan. Juga agar pasien dapat lebih mudah memahami penjelasan mengenai kondisi kesehatannya.

Produk yang dikembangan oleh GE Additive, salah satu anak perusahaan GE Healthcare,  nantinya akan digabungkan dengan teknologi CT Scanner (CTS) yang sudah ada. Pihak GE Healthcare menyatakan bahwa teknologi CTS yang ada sekarang masih tergolong lambat untuk memproses data yang dibutuhkan.

“Ahli bedah kadang-kadang harus berulang kali pergi ke workstation, melihat gambar pada layar dan mencoba untuk mencari tahu apa yang terjadi, Ini memperlambat operasi bawah dan meningkatkan kemungkinan memperkenalkan infeksi atau memperlambat waktu pemulihan pasien,” kata Jimmie Beacham, Chief Engineer for Advanced Manufacturing GE Healthcare.

“Saat ini, dibutuhkan waktu hingga 3 minggu untuk memproses data agar mendapatkan hasil print 3D organ tubuh pasien, namun kami dapat melakukannya hanya dengan mengklik tombol sekali.” Beacham menambahkan.