Gandeng UPMC, Microsof Luncurkan Healthcare NeXT

Sumber Gambar : Microsoft

Pada Kamis kemarin, Microsoft resmi meluncurkan Healthcare NeXT, proyek terbarunya yang menyasar pada sektor kesehatan. Untuk menjalankan ini, Microsoft menggandeng University of Pittsburgh Medical Center (UPMC) sebagai mitra strategis.

UPMC sendiri saat ini tercatat memiliki 25 rumah sakit, 3.600 orang tenaga medis, dan anggota mencapai 3 juta orang. Aset ini diyakini akan sangat berguna bagi perusahaan perangkat lunak raksasa tersebut untuk memuluskan kolaborasi ini.

Secara detail memang belum diketahui pasti apa yang akan dikembangkan dan diproduksi oleh Healthcare NeXT, namun kabar yang beredar mengungkapkan kalau Microsoft dan UPMC memiliki visi untuk membuat satu platform yang dapat membantu tenaga medis agar tidak terlalu direpotkan oleh berbagai aktivitas yang bersifat administratif seperti data entri, pencatatan, pencarian catatan kesehatan pasien dan lain-lain.

Microsoft juga akan memanfaatkan infrastruktur teknologi cloud dan kecerdasan buatan yang dimilikinya untuk mendukung proyek ini.

Untuk diketahui, Healthcare NeXT bukanlah proyek pertama Microsoft yang menyasar sektor kesehatan. Sebelumnya perusahaan yang berkantor pusat di Redmond, Washington, AS ini pernah meluncurkan HealthVault, platform aplikasi yang dapat menyimpan catatan kesehatan pribadi seseorang.