Dua Raksasa MedTech Lakukan Akuisisi Strategis

Bulan Februari 2017 lalu ditandai dengan berita heboh mengenai akuisisi strategis yang dilakukan oleh dua perusahaan raksasa Medical technology (MedTech) Stryker dan IBM Watson.

Yang pertama datang dari Styker. Perusahaan asal Michigan, Amerika Serikat itu resmi menandatangani kesepakatan dengan Boston Bain Capital untuk mengakuisisi Physio-Control Internasional senilai USD 1,28 miliar.

Physio-Control adalah sebuah perusahaan yang mengembangkan, memproduksi dan memasarkan perangkat monitor / defibrillator, defibrillator eksternal otomatis (AED) dan CPR-assist. Selain itu perusahaan yang didirikan pada tahun 1955 ini juga memiliki lini bisnis data management and support services. Akuisisi ini rencananya akan dapat memperkuat divisi emergency medical services (EMS) milik Stryker.

Kabar kedua datang dari perusahaan komputer raksasa IBM yang belakangan ini mengembangkan sayap bisnisnya ke sektor kesehatan melalui IBM Watson Health.

IBM Watson Health dikabarkan berencana untuk mengakuisisi Truven, perusahaan penyedia layanan analisis kesehatan berbasis cloud (komputasi awan) dari Veritas Capital dengan nilai penawaran sekitar USD 2,6 miliar.

Akuisisi ini akan memberikan IBM Watson database klien sekitar 8.500 buah yang terdiri dari instansi pemerintah, pengusaha, rumah sakit, dokter dan perusahaan sains di Amerika Serikat.