Cara Cek Iuran BPJS Kesehatan Melalui SMS, Website, ATM & Aplikasi

Ilustrasi BPJS. Sumber gambar : www.newsth.com

Cek iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan bisa dilakukan dengan empat cara, yakni melalui SMS, website, aplikasi, dan ATM. Sesuai dengan misi pemerintah yang menghadirkan layanan kesehatan terjangkau dan cepat bagi masyarakat, akses informasi khususnya terkait tagihan bulanan pun dipermudah.

Bagi peserta BPJS Kesehatan diwajibkan untuk membayar iuran yang disesuaikan dengan kelas atau layanan yang diikuti. Untuk mengetahui jumlah tagihan atau iuran yang harus dibayar setiap bulan bisa melalui sejumlah cara sebagai berikut:

1. SMS

Cara ini memanfaatkan SMS gateaway atau layanan informasi dua arah yang disampaikan melalui pesan singkat. Untuk cek iuran BPJS Kesehatan melalui SMS bisa dilakukan dengan mengirim pesan dengan format:

TAGIHAN NOMOR KARTU BPJS KESEHATAN kirim ke 087775500400 (contoh: TAGIHAN 0001260979209). Sementara untuk mengetahui format penulisan pesan pada layanan SMS gateway BPJS Kesehatan, cukup dengan mengetik HELP lalu kirim ke 087775500400.

2. Website

Cara ini bisa dilakukan di situs resmi BPJS di alamat bpjs-kesehatan.go.id dengan langkah-langkah sebagai berikut:
Kunjungi laman bpjs-kesehatan.go.id kemudian klik menu Cek Iuran

  • Masukan data yang diminta ke kotak tersedia mulai nomor kartu, tanggal lahir, dan angka validasi. Kemudian klik Cek
  • Rincian pembayaran akan muncul pada layar

3. ATM

Cara ini kurang praktis sebab peserta harus mendatangi ATM bank yang bekerja sama dengan BPJS yakni BRI, BNI, dan Mandiri. Kendati demikian cara ini cocok bagi peserta yang sering beraktivitas di luar ruangan misalnya para pekerja lapangan.

4. Aplikasi

BPJS Kesehatan memiliki aplikasi resmi di perangkat Android yang bernama Mobile JKN. Aplikasi yang bisa diunduh gratis di Google Play ini bisa pula dimanfaatkan untuk cek iuran bulanan dengan cara sebagai berikut:
Download dan instal aplikasi Mobile JKN bagi yang belum memiliki

  • Buka aplikasi tersebut kemudian login
  • Pada halaman selanjutnya tap Tagihan
  • Untuk melihat rincian informasi tagihan tap Premi

Selain untuk cek iuran BPJS Kesehatan, aplikasi Mobile JKN memiliki beragam fitur terkait seperti lokasi fasilitas kesehatan terdekat, cek nomor virtual account, pendaftaran PBPU, dan masih banyak lagi.