Bos EMTEK Sumbang Alat Kesehatan Canggih Untuk RS Australia

Pimpinan EMTEK, Eddy Sariatmadja (kiri) bersalaman dengan Menteri Kesehatan Australia Barat Roger Cook dalam penyerahan mesin pemindai di Perth. Foto: Republika

Eddy Sariaatmadja, yang dikenal sebagai pemilik perusahaan PT Elang Mahkota Teknologi (EMTEK) dikabarkan menyerahkan sumbangan berupa sebuah peralatan pemindai canggih senilai 1,3 juta dolar AS (sekitar Rp 13 miliar) kepada Rumah Sakit Royal Perth (RPH) di Australia.

Alat pemindai tiga dimensi yang bisa melakukan pemindaian 360 derajat itu dikenal dengan nama O-arm. Alat tersebut digunakan untuk melakukan pemindaian ketika seorang pasien menjalani operasi dan khususnya sangat berguna bagi para dokter ahli tulang belakang (spinal).

Penyerahan ini dilakukan oleh Eddy sendiri dan istrinya. Turut hadir juga dalam acara tersebut Menteri Kesehatan Australia Barat Roger Cook.

Dalam sebuah rilis resmi, Roger Cook mengungkapkan bahwa alat kesehatan ini merupakan alat pertama yang dimiliki oleh Australia Barat.

Scanner berharga Rp 13 M yang disumbangkan oleh Eddy Sariatmadja ke Rumah Sakit Royal Perth. Foto: Akun Facebook Roger Cook

“Dengan tambahan O-arm scanner ini, rumah sakit Royal Perth akan bisa mencapai titik pencapaian baru, khususnya di bidang pembedahan tulang belakang,” jelas Cook.

Dikutip dari berbagai sumber, salah satu orang terkaya di Indonesia tersebut memang dikenal sebagai sosok yang banyak memberikan sumbangan untuk kegiatan sosial bidang kesehatan, baik di Indonesia maupun negara lain.