Antisipasi Virus Cacar Monyet, Rumah Sakit di Batam Siapkan Ruang Isolasi Pasien

Ilustrasi, Sumber Gambar : freepik.com

Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau menyatakan siap tangani pasien yang terkena penyakit cacar monyet atau “monkeypox“.

Direktur RSBP Sigit Riyanto mengatakan bahwa pihaknya bahkan sudah menyiapkan ruang isolasi untuk penanganan pasien yang terindikasi menderita penyakit menular tersebut.

“Risiko penyebaran cacar monyet di Batam masih rendah, namun kami sudah menyiapkan ruangan isolasi lengkap dengan peralatannya,” ucap Sigit.

Lebih lanjut dirinya menyatakan, apabila ada masyarakat atau warga negara asing yang mengeluh panas tinggi, lemas dan muncul ruam pada kulit diminta untuk segera ke RSBP Batam atau RSUD Embung Fatimah.

Kendati begitu, dirinya meminta masyarakat untuk tidak panik terhadap merebaknya virus ini di Kota Batam. Pasalnya kendati berbahaya namun jika segera mendapatkan penanganan yang tepat maka bisa segera cepat dipulihkan.

Saat ini pihak RSBP Batam selalu berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mengambil tindakan pencegahan penularan setelah sebelumnya dikabarkan ditemukannya satu kasus impor infeksi virus cacar monyet di Singapura.