Ancaman Peretas Kejutkan Sektor Kesehatan di Amerika

Ilustrasi Peretas. Gambar : whatmobile.net

Berita mengejutkan datang dari Badan administrasi obat dan makanan Amerika Serikat (FDA). Dalam pernyataan resminya, mereka baru saja melakukan investigasi dan berhasil menemukan adanya celah keamanan yang memungkinkan berbagai alat kesehatan bisa diretas oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Namun disebutkan celah keamanan tersebut bukan berasal dari alat kesehatan itu sendiri, melainkan berasal dari sistem monitoring yang berjalan melalui sebuah transmitter. Perangkat tambahan ini berfungsi agar alat kesehatan seperti alat pacu jantung atau pacemaker, bisa dipantau melalui sistem komputasi awan (cloud). Transmitter tersebut pada dasarnya bekerja dengan memanfaatkan sinyal wireless untuk mengirimkan dan menerima data.

Jika peretas bisa mengontrol sinyal tersebut, maka mereka bisa mengendalikan alat kesehatan yang menjadi targetnya secara keseluruhan. Dan tentu saja hal ini sangat membahayakan nyawa pasien dan dapat menjadi salah satu bencana dalam sektor kesehatan khususnya di Amerika Serikat.

Dikutip dari Theverge.con, saat ini FDA telah mengeluarkan surat peringatan baik untuk pihak rumah sakit maupun pasien di Amerika Serikat. Surat tersebut berisi tentang beberapa peralatan medis yang disinyalir rentan terkena serangan hacker, seperti pompa insulin dan alat pacu jantung.