Salah satu perusahaan e-commerce terbesar di dunia, Amazon, kembali menghadirkan inovasi terbaru di bidang kesehatan. Amazon baru saja mengumumkan bahwa layanan klinik virtual yang sebelumnya hanya tersedia di Seattle, kini telah diperluas ke seluruh Amerika Serikat.
Nama layanan tersebut adalah Amazon Clinic. Dengan Amazon Clinic, masyarakat di negeri Paman Sam dapat mengakses layanan kesehatan online cepat, mudah, dan murah. Dari mana saja dan kapan saja.
Jaringan bisnis retail besar di AS tersebut mengumumkan pada 1 Agustus 2023 dilansir dari TechCrunch akan melayani akses ke ahli klinis berlisensi via video. Layanan ini akan tersedia untuk 30 jenis gejala penyakit. Misalnya saja infeksi saluran kemih atau perubahan warna pada bola mata.
Layanan Klinik Virtual Dapat Diakses Melalui Situs dan Aplikasi Amazon
Untuk mendapatkan pengobatan melalui layanan ini, pelanggan perlu mengunjungi Amazon Clinic di situs web Amazon atau aplikasi seluler Amazon. Di sana, pelanggan dapat membandingkan waktu respons dan harga dari beberapa kelompok penyedia telehealth. Kemudian mereka mengisi formulir masukan, dan kemudian terhubung dengan penyedia yang mereka pilih.
Karena berlokasi di AS, pelanggan dapat terhubung melalui pesan atau panggilan video tanpa perlu janji atau asuransi tergantung di negara bagian mana mereka tinggal.
Melalui portal pesan atau panggilan video yang aman dari Amazon Clinic, klinisi akan memberikan rencana pengobatan yang direkomendasikan. Salah satunya yang mungkin adalah resep obat. Pelanggan dapat memilih untuk mengisi obat mereka di Amazon Pharmacy dengan pengiriman gratis atau di apotek lain.
“Dengan menciptakan pengalaman kesehatan yang transparan dan sederhana, kami berharap dapat membuat kesehatan lebih mudah diakses oleh semua orang,” kata Dr. Nworah Ayogu, kepala medis dan manajer umum di Amazon Clinic, dalam sebuah posting blog.
“Kami senang membawa Amazon Clinic ke lebih banyak pelanggan, dan kami bekerja keras untuk membuat lebih banyak kondisi tersedia untuk pengobatan dalam beberapa bulan mendatang.”
Bekal Modal di Belakang Amazon Clinic
Sedikit berbeda dari perusahaan telehealth lain yang mendapatkan pendanaan dari modal ventura, Amazon Clinic didanai oleh perusahaan induknya, Amazon. Sebuah perusahaan yang memiliki banyak sumber pendapatan. Sebut saja seperti penjualan barang, layanan cloud, iklan, dan lain-lain.
Amazon juga memiliki modal yang besar untuk berinvestasi di bidang kesehatan. Salah satunya terlihat dari rencananya untuk mengakuisisi One Medical, sebuah perusahaan layanan kesehatan primer, dengan harga $3,9 miliar.
Amazon Clinic dapat juga menghasilkan pendapatan dari biaya konsultasi yang dibebankan kepada pelanggan. Biaya konsultasi bervariasi tergantung pada penyedia telehealth yang dipilih oleh pelanggan.
Kemudian harga ditetapkan oleh penyedia tersebut, bukan oleh Amazon Clinic. Pelanggan juga dapat melihat biaya kesehatan mereka sebelum melakukan kunjungan. Pendapatan ini dapat digunakan untuk membayar gaji klinisi, biaya operasional, atau investasi lainnya.