AIGMI Dukung Pemerintah Agar Prioritaskan Produk Alkes Dalam Negeri

Sumber gambar : wartabuana.com

Asosiasi Instalasi Gas Medik Indonesia atau AIGMI menyelenggarakan musyawarah nasional pada 26—27 April 2017 lalu. Ada beberapa hal penting yang yang menjadi hasil pada perhelatan tersebut, salah satunya adalah terpilihnya Dedy Sudarto sebagai ketua baru.

Dikutip dari bisnis.com, dalam sambutannya, Dedy menyatakan dukungan penuh kepada program pemerintah agar memprioritaskan penggunaan produk dalam negeri khususnya dibidang farmasi dan alat kesehatan yang berbasis e-katalog berdasarkan Instruksi Presiden (Inpres) No. 6/2016. Hal ini dikarenakan, tercatat 80% pasar dalam negeri masih dikuasai produk impor dibanding produk lokal.

Untuk mendukung inpres tersebut, AIGMI memiliki beberapa program edukasi. Salah satunya adalah dengan melakukan pelatihan mengenai layanan gas medis dengan tujuan mengatasi permasalahan yang dihadapi industri instalasi gas medik Indonesia.

Dedy juga berharap, asosiasi ini dapat menjadi wadah tunggal untuk mempersatukan para pelaku industri instalasi gas medik demi kemajuan produk dalam negeri.

Musyawarah itu sendiri dihadiri oleh Kementerian Kesehatan RI, Kementerian Perindustrian RI, dan lembaga LKPP, Asosiasi Rumah Sakit Daerah (ARSADA), Asosiasi Produsen Alat Kesehatan Indonesia (ASPAKI), Ikatan Elektromedis Indonesia (IKATEMI), Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (INKINDO), dan lembaga pendukung di antaranya Badan Pengamanan Fasilitas Kesehatan (BPFK) dan Badan Standarisasi Nasional (BSN).