Ahli Gizi dan Food Blogger Bahas Pentingnya Kesehatan Pencernaan Dalam Acara Ini

Dokter spesialis gizi dr. Putri Adimukti (kanan) dan Food Blogger Hans Danial (Tengah) bahs pentingnya kesehatan pencernaan dalam talkshow yang digelar oleh Watsons dan Fibre First. Foto: MedX

Hippokrates yang merupakan seorang dokter dari Yunani Kuno, sudah sejak 2.500 tahun lalu menyebut bahwa pencernaan merupakan ujung tombak kesehatan dari seluruh tubuh manusia. Dan kesehatan pencernaan bisa mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan karena ‘markas besar’ pertahanan ada di usus. Sebuah fakta kesehatan yang tidak semua orang tahu akan hal tersebut.

Hal ini diungkapkan oleh dr. Putri Adimukti, M.Kes, M.Farm, Sp. GK dalam sebuah talkshow yang diselenggarakan oleh Watsons dan Fibre First di Jakarta (05/04/2019). Ahli gizi tersebut juga mengungkapkan bahwa 70 persen kantong pertahanan tubuh atau imunitas berada di usus.

“Jika pencernaan sehat maka bisa terhindar dari diabetes, jantung, dan kolesterol. Pencernaan sehat juga bisa membuat seseorang lebih happy, korelasinya (dengan – red) hormon bahagia (seratonin) dihasilkan pencernaan,” ungkap dr. Putri.

Dirinya melanjutkan, dalam sehari masyarakat dewasa Indonesia rata-rata membutuhkan serat sebanyak 25-35 gram sehari. Sedangkan kandungan satu mangkuk bayam hanya memiliki serat sebanyak 3 gram, bubuk silium 3,4 gram dan 1 buah aple 3,6 gram.

Lalu pertanyaannya bagaimana jika dalam sehari seseorang belum bisa mencukupi serat dari buah dan sayur?

Pada event yang juga menghadirkan Food Blogger Hans Danial tersebut dr. Putri menyatakan bahwa mengkonsumsi suplemen serat dan nutrisi seperti FibreFirst bisa dijadikan pilihan. Karena produk yang sudah bisa dibeli di gerai-gerai Watsons ini mengandung bahan alami yang berasal dari sayur, buah dan biji-bijian. Sehingga diklaim bisa membersihkan saluran pencernaan dan pastinya menjaga kesehatan pencernaan Anda.