spot_img

Pakar Medis dan CanHOPE Ajak Pendekatan Holistik dalam Pengobatan Kanker Payudara

Meningkatnya stigma dan misinformasi mengenai kanker payudara di Indonesia sering kali menyebabkan pasien menunda deteksi dini dan perawatan. 

Meskipun kanker payudara menjadi penyebab utama kematian akibat kanker, banyak perempuan yang enggan menjalani prosedur medis. Hal ini kerap terjadi akibat ketakutan atau salah informasi. 

Oleh karena itu pakar medis dari Parkway Cancer Centre (PCC) menekankan pentingnya pemahaman yang lebih baik tentang kanker. Para pakar ini juga mendorong pengobatan holistik yang melibatkan perawatan fisik dan psikologis bagi pasien.

Dr. Khoo Kei Siong, Wakil Direktur Medis PCC, menjelaskan stigma tersebut dapat membawa dampak negatif. 

“Sampai saat ini, banyak perempuan masih menunda deteksi dan pengobatan dini karena ketakutan terhadap prosedur medis, perasaan kehilangan kendali, atau stigma yang melekat pada kanker payudara,” kata Dr. Khoo Kei Siong seperti dirilis dari siaran pers CanHOPE (10/10/24). 

Stigma seperti anggapan bahwa kanker payudara selalu memerlukan mastektomi memperburuk ketakutan pasien. Padahal, diagnosis dini memungkinkan lebih banyak pilihan pengobatan seperti lumpektomi. 

Deteksi Dini Disertai Perawatan Holistik 

Dr. Khoo di “The Known, The Unknown, and The New of Breast Cancer” media brief oleh CanHOPE di Jakarta, 10 Oktober 2024.

Pengobatan yang tepat harus disertai perawatan holistik, termasuk dukungan emosional dari keluarga dan teman serta konseling dan saran nutrisi.

“Pengobatan kanker yang efektif harus didukung oleh pemahaman yang komprehensif. Juga disertai perawatan holistik yang dapat memberikan pengalaman pengobatan yang lebih baik dan menyeluruh bagi pasien,” kata Dr. Khoo melanjutkan. 

Tercatat setidaknya 43% kematian akibat kanker payudara bisa dicegah melalui deteksi dini, diikuti oleh dukungan dari support system atau lingkungan atau circle terdekat yang dimiliki pasien. Angka tersebut berdasarkan data Kementerian Kesehatan. 

CanHOPE, layanan dukungan kanker dari PCC, turut mendorong pentingnya perawatan psikososial untuk memberikan rasa optimisme dan semangat kepada pasien. 

Penyintas kanker payudara menyatakan bahwa dukungan komunitas dan pendekatan holistik sangat membantu pemulihannya.

Tentang CanHOPE dan Parkway Cancer Centre

CanHOPE adalah layanan nirlaba dari Parkway Cancer Centre (PCC) yang menyediakan konseling, saran nutrisi, dan dukungan bagi pasien kanker. 

Parkway Cancer Centre sendiri menawarkan perawatan kanker yang komprehensif dengan dukungan tim medis multidisiplin. Layanan yang diberikan menggunakan teknologi terkini untuk menyediakan terapi inovatif dan efektif. 

Pendekatan holistik mereka membantu memastikan pasien mendapatkan perawatan menyeluruh dalam lingkungan yang aman.

 

Related Articles

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments

Media Sosial

10,000FansLike
13,700FollowersFollow
BERLANGGANAN NEWSLETTER GRATIS
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Join over 3.000 visitors who are receiving our newsletter and learn how to optimize your blog for search engines, find free traffic, and monetize your website.
We hate spam. Your email address will not be sold or shared with anyone else.

Pilihan Redaksi

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x