spot_img

RS Hermina IKN Resmi Dibuka, Dukung Pelayanan Kesehatan di Ibu Kota Nusantara

PT Medikaloka Hermina Tbk resmi membuka Rumah Sakit Hermina Nusantara (RS Hermina IKN) di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Peresmian ini dilakukan pada Jumat, 11 Oktober 2024.

Rumah sakit ini merupakan anggota ke-50 dari jaringan RS Hermina dan didirikan untuk mendukung layanan kesehatan di Ibu Kota Negara (IKN) yang baru.

Peresmian RS Hermina IKN dilakukan oleh Presiden Joko Widodo yang menandai pembukaan dengan menekan tombol sirine, didampingi oleh Direktur Utama PT Medikaloka Hermina Tbk, dr. Hasmoro. 

Presiden Jokowi mengapresiasi pembangunan RS yang rampung dalam waktu hanya 10 bulan. RS ini diproyeksikan menjadi pusat layanan kesehatan modern yang ramah lingkungan. Selain itu RS ini juga akan dilengkapi teknologi digitalisasi, termasuk penggunaan sistem Electronic Medical Record (EMR).

“Saya sangat mengapresiasi cepatnya pembangunan RS Hermina Nusantara. Berhasil diselesaikan hanya dalam waktu sekitar 10 bulan dan kini sudah dapat menerima pasien. Ini memberikan keyakinan dan kepercayaan, terutama bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan segera pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN),” kata Jokowi dilansir dari Sindo News (13/10/24).

RS Hermina IKN dan Rencana Pengembangannya

Saat ini, RS Hermina IKN telah beroperasi dengan lima lantai dan kapasitas 50 tempat tidur. Pembangunan akan terus berlanjut hingga awal 2025 untuk mencapai delapan lantai dengan kapasitas 100 tempat tidur. 

Fasilitas yang disediakan meliputi berbagai aspek pelayanan. Mulai dari rawat jalan, rawat inap, dan Instalasi Gawat Darurat (IGD) dengan desain modern dan pelayanan yang mengutamakan keamanan pasien.

Selain menjadi rumah sakit bertaraf internasional, RS Hermina IKN juga didukung oleh RS Hermina Balikpapan dan RS Hermina Samarinda. 

Rumah sakit ini telah bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan dan berbagai perusahaan asuransi. Termasuk juga memastikan akses layanan kesehatan yang luas, seperti untuk pasien BPJS.

Dengan investasi sebesar Rp650 miliar, RS Hermina IKN diharapkan menjadi rumah sakit berbasis ecogreen dan smart hospital. Diharapkan kehadiran RS Hermina di IKN ini bisa mendorong dan meningkatkan pelayanan kesehatan di ibu kota baru.

 

Related Articles

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments

Media Sosial

10,000FansLike
13,700FollowersFollow
BERLANGGANAN NEWSLETTER GRATIS
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Join over 3.000 visitors who are receiving our newsletter and learn how to optimize your blog for search engines, find free traffic, and monetize your website.
We hate spam. Your email address will not be sold or shared with anyone else.

Pilihan Redaksi

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x