Dengan lebih dari 20 juta pengguna bulanan yang terus bertambah, Halodoc telah membuktikan dirinya sebagai platform layanan kesehatan digital terkemuka di Indonesia. Mereka berhasil memperluas akses layanan kesehatan bagi jutaan warga di seluruh nusantara.
Tidak hanya itu, Halodoc juga berhasil meraih berbagai penghargaan bergengsi di tahun ini. Apresiasi itu menunjukkan kepercayaan masyarakat terhadap solusi-solusi kesehatan digital yang ditawarkan oleh Halodoc. Apa saja rahasia di balik kesuksesan Halodoc?
Artikel ini akan mengulas lebih dalam tentang inovasi-inovasi yang dilakukan oleh Halodoc serta bagaimana platform ini berhasil mengubah lanskap telehealth di Indonesia.
Inovasi Halodoc Membuatnya Menjadi Platform Layanan Kesehatan Digital Unggulan
Halodoc membangun ekosistem pelayanan kesehatan digital secara komprehensif. Platform ini juga memberikan solusi terhadap berbagai kebutuhan kesehatan masyarakat. Dilansir dari Deal Street Asia (05/06/23), platform kesehatan ini memiliki empat fitur utama yang membuatnya unggul.
- Chat Dengan Dokter: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan lebih dari 20.000 dokter berpengalaman dan berlisensi. Interaksi dilakukan melalui chat, video, atau panggilan suara. Pengguna bisa mendapatkan konsultasi kesehatan, resep obat, rujukan rumah sakit, dan sertifikat kesehatan dengan mudah dan cepat. Fitur ini juga menawarkan layanan kesehatan mental dan hewan peliharaan.
- Toko Kesehatan: Fitur ini memberikan akses aman kepada pengguna untuk membeli suplemen dan vitamin dari 4.900 apotek mitra berlisensi. Pengguna bisa mendapatkan produk-produk kesehatan berkualitas dengan harga terjangkau dan pengiriman cepat. Tersedia opsi Langganan untuk pengguna yang membeli produk kesehatan secara rutin.
- Janji Temu: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memesan janji temu offline di lebih dari 3.300 fasilitas kesehatan. Pengguna bisa memilih dokter, rumah sakit, atau klinik sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka. Salah satu keunggulannya yaitu ayanan Elderly Care yang memfasilitasi konsultasi untuk orang tua.
- Asuransiku: Melalui fitur ini pengguna yang memiliki asuransi swasta bisa memanfaatkan manfaat layanan kesehatan digital dengan harga kompetitif dan proses mudah. Halodoc bekerja sama dengan penyedia asuransi terkemuka. Tersedia layanan Home Lab yang memungkinkan pengguna untuk melakukan tes kesehatan secara pribadi dan mudah di rumah.
Platform yang Mudah Digunakan
Selain berbagai fitur di atas, keunggulan yang paling terasa tentu saja dari kemudahan yang diberikan. Aplikasi kesehatan ini dirancang untuk seluruh kelompok usia, terutama Gen Z dan millennial. Perhatian kepada generasi yang lebih tua pun ditunjukkan melalui fitur Elderly Care.
Bahkan aplikasi ini juga menawarkan konsultasi untuk kesehatan hewan dan juga kesehatan mental pengguna. Salah satu strategi yang dilakukan terletak pada data-driven marketing.
Di dalam strategi tersebut mereka fokus pada “7P”, yaitu product, pricing, promotion, price, people, process dan physical evidence. Berangkat dari strategi inilah yang menjadi nilai utama pengembangan platform.