3 Alat Kesehatan Ini Sudah Digunakan Sejak Era 60-an

Alat pacu jantung. Sumber gambar : wirelessdesignmag.com

Alat Kesehatan dalam industri kesehatan mengalami perkembangan dan transformasi dari waktu ke waktu. Penemuan-pnemuan baru banyak ditemukan untuk mendukung kinerja dokter. Tapi tahukan Anda, ada 3 jenis alkes yang memang sudah digunakan sejak era 60-an tetapi masih dipakai hingga kini. Dengan berbagai perkembangan modifikasi yang lebih canggih tentunya. Berikut alat-alat tersebut:

1. Mesin USG

Mesin USG pertama kali diciptakan tahun 1950. Tapi alat kesehatan ini baru dikenal pada era 1960-an. USG berfungsi untuk melihat apa yang ada dalam tubuh manusia. Hingga kini USG masih tetap dipakai dan mengalami perkembangan, yaitu adanya USG portabel yang lebih praktis digunakan.

2. Alat pacu jantung

Alat pacu jantung pertama kali ditemukan oleh Paul Zol pada 1952. Saat dibuat pertama kalinya, alat ini berukuran sebuah televisi dan membagikan kejutan-kejutan listrik yang disesuaikan ke dalam tubuh pasien yang sering kali menyebabkan kulit terbakar. Sejak 1960 hingga sekarang alat pacu jantung ini mengalami banyak perkembangan dari yang sebelumnya dditemukan.

3. Endoskopi modern

Tahun 1960 merupakan awal ditemukannya alat kesehatan berupa serat optik yang menjadi dasar endoskopi modern dengan fungsinya untuk melihat organ tubuh seseorang agar dapat memastikan ada tidaknya penyakit.